Pengaruh M!Countdown, Music Bank, Music Core & Inkigayo di Industri musik Korea


Program musik sedang berapi-api akhir-akhir ini karena adanya masalah kontroversial yang timbul mengenai perkembangan popularitas program musik.  Sementaraitu, sebelumnya mereka sedang mendapat kritikan karena dianggap telah menggunakan program musik untuk membantu para artis dalam berbagai program lain, program musik juga diangkat menjadi topik hangat saat ini dengan mempertanyakan betapa pentingnya mereka

Korea saat ini mempunya 4 program musik, tiga diantaranya diputar di putar di Chanel TV Lokal (KBS, MBC, SBS) dan yang satunya diputar di chanel TV kabel (Mnet). Diluar MBC “Show!Music Core”, Mnet, KBS, SBS memanfaatkan posisi chart yang dibuat berdasarkan beberapa data untuk menentukan pemenang setiap minggu.

Ada beberapa faktor yang ditemukan oleh para penonton :

▲ Penampilan yang diulang beberapa kali dalam seminggu.

Total 7 artis termasuk Kang Mi Youn, Song Ji Eun, G.NA, IU, Lee Hyun, dan 5dolls tampil di 3 siaran program musik dalam seminggu, mulai dari 4 Maret hingga 6 Maret.

Artis yang hanya muncul 2 kali di 3 program musik adalah Dalmatian, TVXQ, Kahi, Dal Shabet, Lady Jane, Insooni, Flower, HAM, Hong Kyung Min, dan Kim Hyun Jung, total 10 putaran.

Artis yang membuat penampilan sekali dalam 3 program tersebut sebanyak 10 grup, termasuk Big Bang. Total 27 grup yang tampil minggu ini, 17 diantaranya mengulang penampilan minimal 2 program.

Penonton tidak dapat mengerti mengapa mereka harus duduk di depan TV selama 4 hari dengan penampilan yang sama di 4 program berbeda. Jika program musik ditanya mengenai perbedaan antara tayangan yang satu dan yang lainnya, mereka tidak menyebutkan alasannya, tidak ada 1 program pun yang mampu memberi jawaban.

Korea sebenarnya adalah satu-satunya di dunia yang memiliki program musik di setiap stasionnya.

▲ “Aku tidak bisa menghadiri ini dan itu karena program musik.”

Banyak penonton saat ini tau bahwa idola mereka harus berkorban sepanjang hari untuk tampil selama kurang lebih 3 menit di program musik. Mereka diharuskan merapikan rambut mereka dan memakai make up pada pagi hari, siangnya mereka harus latihan dan memunggu di ruang tunggu sampai pengumuman tampil mereka.

Ini sangat sulit untuk jadwal para artis yang mereka susun untuk tampil di beberapa program musik, efeknya adalah mereka harus lebih bijaksana lagi dalam membagi waktu. Belum lagi mereka juga harus membagi waktu untuk acara lain atau membintangi iklan, yang kada membuat mereka menyerah untuk tampil di program musik.

Namun, masih ada harapan agar para artis bisa tampil di proram musik, sejak pengaturan sistem yang mengingatkan para artis bahwa program musik adalah salah satu kesempatan para artis untuk mempromosikan musik mereka.

▲ Program musik telah menjadi jalan pintas

Masalah program musik adalah membuat para artis mengambil “Paket Transaksi” menjadi perbincangan hangat dalam beberapa bulan belakangan ini, dan masalah terbesarnya adalah karena Industri musik korea gagal untuk mencari tahu sistem promosi diluar media TV.

Program musik tidak mendapat rating penonton yang tinggi, dan mereka beruntung mereka bisa naik sekitar 5%. Minggu lalu KBS, MBC, dan SBS masing-masing meraih 4.3%, 4.7%, dan 7.4% yang dibilang rendah dibanding dengan program musik lainnya.

▲ Bagaimana dengan konser?

Program musik saat ini tidak diragukan lagi, membawa pengaruh positif di industri musik dan Hallyu wave. Banyak kesuksesan dibalik para idola Korea di luar negeri dikarenakan tentang penampilan mereka yang baik di program musik

Source: Daily News via Nate

Via : Allkpop

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s